Kemendes Pastikan Infrastruktur Lokasi Sail Nias 2019 Rampung Tepat Waktu

0
54

NIAS SELATAN- Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo bersama Menkumham RI Yasonna Laoly, meninjau Pelabuhan Teluk Dalam, Rabu (4/9/2019), sebelum digelarnya Sail Nias 2019. Puncak perhelatan akbar pariwisata berskala internasional ini direncanakan berlangsung pada 14 September mendatang.

Mendes Eko Sandjojo yang juga Wakil Ketua Panitia Nasional berharap, Sail Nias 2019 dapat membawa nama baik serta mempromosikan pariwisata Nias ke mata dunia. Dimana kehadiran para peserta tidak berhenti pada puncak acara saja, tetapi akan datang lagi di waktu mendatang. Oleh karena itu, kata Eko, kendala teknis dan detail human error dapat diminimalisir. Serta terkait infrastruktur di lokasi acara segera dirampungkan pekan ini.

“Masih ada titik lokasi yang becek. Tapi terus dilakukan pengurukan dan pengerasan di lokasi acara. Dengan kerja gotong royong, semuanya akan rampung sebelum puncak acara berlangsung” yakin Eko Sandjojo.

Mendes juga mengharapkan agar Tim TNI-AD dapat menerjunkan anggotanya untuk membantu mempercepat perbaikan infrastruktur jalan. Hal ini dikarenakan puncak acara tinggal 10 hari lagi.

Hal ini juga sejalan dengan Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019 yang juga Menkumham RI, Yasonna Laoly yang mengatakan bahwa pengaturan acara sudah cukup baik. Pada acara puncak nanti, kesiapan kab/kota secara teknis dan lainnya perlu dievaluasi kesiapannya terkait flow perjalanan dimulai dari daerah perbatasan hingga kota, agar tertata rapi dan baik.

Selain itu, menurut Yasonna berbagai kendala harus segera diselesaikan dan dikoordinir dengan baik. Kepada Bupati Nias Selatan dan Kapolres Nias Selatan, Yasonna berpesan supaya tidak membiarkan flownya terlambat. Ini penting agar setiap kendala sekecil apapun segera ditangani.

Kemudian dalam segi keamanan, pihak TNI telah siap mengamankan penyelenggaraan Sail Nias 2019, yang rangkaian kegiatannya dimulai sejak tanggal 2 September hingga penutupan 14 September. Termasuk pengamanan berbagai spot yang akan didatangi oleh Presiden Joko Widodo, diperketat skema pengamanannya.

“Kehadiran Presiden menjadi fokus utama untuk pengamanan. Dan kesuksesan Sail Nias menjadi titik utama dalam promosi Nias sebagai pariwisata berkelas dunia,”tandas Yassona. (suci/staff Ditjen PPMD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here