Menteri Desa Resmikan KASIH

0
1282

Setelah meninjau pelaksanaan Padat Karya Tunai di desa Gemaharjo kecamatan Tegalombo, Menteri Desa & PDTT, Eko Putro Sandjojo beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke desa Sirnoboyo kecamatan Pacitan kabupaten Pacitan. Di desa Sirnoboyo menteri Eko meresmikan peluncuran program Kartu Sirnoboyo Sehat (KASIH).

Program KASIH merupakan inovasi baru yang diciptakan oleh desa Sirnoboyo yang dibuat untuk memastikan setiap warga miskin bisa mendapatkan layanan kesehatan secara Gratis sebagaimana yang diutarakan oleh Kepala Desa Sirnoboyo Arifin. Program tersebut dibuat bagi warga yang tak memiliki cukup uang untuk membayar iuran untuk mengikuti suatu program jaminan kesehatan. Faktor utama adalah alasan ekonomi yang membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk berobat.

Dari sekitar 4.790 jiwa penduduk 15 persen diantaranya adalah kelompok ekonomi lemah. Saat ini program yang dirancangnya mampu melayani 145 orang atau 382 jiwa dengan total anggaran Rp 45.000.000,- yang pendanaannya sepenuhnya bersumber dari Dana Desa. “Memang belum mampu mencakup semuanya. Tapi paling tidak bisa sedikit meringankan,” lanjut Arifin. Perlu diketahui desa Sirnoboyo memperoleh kucuran Dana Desa di tahun 2018 sebesar Rp. 681.617.918,-.

Adapun skema dari program KASIH tersebut adalah, warga yang membutuhkan dapat langsung menuju puskesmas untuk memperoleh layanan dasar. Fasilitas itu diperoleh gratis, sebab biaya sudah ditanggung pemerintah desa. Sebelumnya pihak desa dengan puskesmas sudah membuat kesepakatan terkait penjaminan biaya.

Kegunaan program KASIH tersebut juga memberikan layanan kesehatan berkala bagi warga lanjut usia. Meliputi pemeriksanaan kolesterol, asam urat, tekanan darah, dan juga kadar gula darah. Hal tersebut diharapkan sebagai langkah preventif untuk mengetahui potensi gangguan kesehatan bagi warga lanjut usia.

Setelah meresmikan program KASIH, selanjutnya menteri Eko beserta rombongan menuju Kecamatan Pringkuku tepatnya di Desa Dadapan untuk menghadiri Sarasehan bersama Kepala Desa Se-Kabupaten Pacitan. Dalam kesempatan tersebut menteri Eko memaparkan pentingnya sebuah Inovasi dalam membangun Kemandirian Desa. Diharapkan dengan adanya Dana Desa pembangunan di Desa dapat lebih mandiri dan berkelanjutan. (KPW)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here