Ratusan PLD Jalani Pra-Tugas

0
2564

Empat hotel di kota Malang dipadati ratusan peserta pelatihan Pra-Tugas Pendamping Lokal Desa (PLD) yang merupakan hasil tes tenaga pendamping profesional (TPP) desa untuk tahun angkatan 2017 pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). Pembukaan pelatihan Pra-Tugas dibuka secara resmi pada minggu (24/09) oleh Agus Wahyudi, kepala DPMD Jawa Timur di hotel Regent’s Park.

Terdapat total 508 peserta pelatihan PLD yang dipecah menjadi beberapa kelas yang disebar ke empat hotel. Para peserta yang datang dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Sedangkan jumlah pelatih yang akan melatih PLD yang rencananya akan mulai bertugas awal Oktober ini berjumlah 48 orang.

Dalam acara pembukaan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan serta pengarahan kepada para peserta yang berseragam putih hitam.

Agus Wahyudi, kepala DPMD Jawa Timur, membuka pelatihan pra-tugas PLD di hotel Regent’s Park.

Dalam sambutannya kepala DPMD yang dibacakan oleh Prawoto, mewakili pembukaan di hotel Ollino Garden, menegaskan bahwa salah satu faktor penentu keberhasilan pendampingan adalah kapasitas pendamping, khususnya PLD. Dengan demikian, PLD yang akan berhubungan langsung secara intensif dengan pemerintah dan masyarakat desa, menjadi aktor strategis menuju implementasi Undang-undang Desa secara optimal.

Dengan adanya pelatihan Pra-Tugas yang akan berakhir pada Senin (2/10), diharapkan memberikan orientasi dan pembekalan kepada pendamping agar siap secara mental, pengetahuan, dan keterampilan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendamping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here