TTG XXI Diharap Tingkatkan Pembangunan Desa

0
80

BENGKULU- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa PDTT, Anwar Sanusi, mewakili Menteri Desa PDTT menghadiri jamuan makan malam atau gala dinner dalam rangka perhelatan akbar Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XXI tahun 2019 di Balai Raya Semarak Provinsi Bengkulu, Sabtu (21/9/2019).

Sekjen Kementerian Desa PDTT Anwar Sanusi didampingi oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Staf Khusus Kementerian Desa PDTT Indra Muda Salim, Dirjen PPMD Taufik Madjid, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Harlina Sulistyorini, dan Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Aisyah Gamawati.

Gelar TTG dilaksanakan setiap tahunnya secara bergantian di setiap provinsi. Dimana TTG sendiri merupakan salah satu cara untuk mendorong terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap teknologi tepat guna.

“Kegiatan ini sebagai instrumen penting, untuk bisa mengakselerasikan pembangunan di tingkat pedesaan. Hadirnya TTG merupakan variable utama untuk menambah nilai produksi di tingkat pedesaan. Dimana lima tahun perjalanan ini, telah memberikan transformasi wajah pedesaan yang semakin membaik. Terutama di sisi infrastruktur dan pelayanan sosial dasar,” ucap Anwar Sanusi.

Untuk itu, lanjut Sekjen Mawar Sanusi, output Gelar TTG dalam lima tahun terakhir ini dapat dijadikan klaim untuk melangkahkan kemajuan desa ke tingkat berikutnya. Sebab teknologi sendiri dibutuhkan masyarakat untuk mengekspose hasil produksinya. Tidak lain guna meningkatkan produktivitas ekonomi di pedesaan.

“Output tersebut mampu dikapitalisasi dengan program inovasi desa. Yang salah satu bentuk konkritnya, kita menyediakan suatu tempat, dimana masing-masing desa melakukan expose berbagai produksi inovasi. Untuk pengembangan pedesaan, pengelolaan desa dan peningkatan infrastruktur,” tambah Anwar Sanusi.

Dalam acara ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa kepada Provinsi Bengkulu, sebagai lokasi acara Gelar TTG tingkat nasional tahun 2019.

Dipilihnya Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan menguatkan citra Bengkulu di kancah nasional maupun internasional. (suci).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here