Jawa Timur Nominator Desa Terbaik

0
1065

Akhirnya desa Pejambon kecamatan Sumberejo kabupaten Bojonegoro terpilih untuk dikunjungi tim penilai Desa Terbaik dari Jakarta. Desa Pejambon masuk nominator desa terbaik nasional untuk kategori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik. Tim penilai sempat melihat geliat kehidupan perekonomian warga dan aktivitas budaya desa juga sempat dijamu oleh bupati Bojonegoro yang baru dilantik Anna Muawanah dan Wakil Bupati Budi Irawanto beserta staf.

Tim penilai desa terbaik nasional terdiri dari unsur Kementerian Desa PDTT yang diwakili oleh Mochammad Zaini sebagai Tenaga Ahli Utama Campaign & Branding dan turut serta penilai dari salah satu dari tujuh Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP), Wafa Patria Umma.

Sebelumnya desa Pejambon telah menyisihkan empat desa lainnya pada gelaran Focus Group Discussion (FGD) bagi nominasi terpilih Desa terbaik tingkat provinsi Jawa Timur pada tanggal 24-26 September 2018 untuk kategori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik. Perlu diketahui nominator tingkat Provinsi itu diantaranya; Desa Pucanganom kecamatan Jambesari kabupaten Bondowoso, Desa Sumbersari kecamatan Saradan kabupaten Madiun, Desa Waru Barat kecamatan Waru kabupaten Pamekasan, Desa Karangtalun kecamatan Kaliduwir kabupaten Tulungagung, dan Desa Pejambon kecamatan Sumberejo kabupaten Bojonegoro.

Pada saat kunjungan ke desa Pejambon, tim penilai disambut oleh kepada Desa Pejambon Abd. Rokhman, bapak Camat, DPMD, perangkat desa serta para Pendamping Desa. Tim penilai langsung disuguhi presentasi tentang pelayanan informasi dan transparansi publik yang dibawakan oleh Sofyan, salah satu perangkat desa. “Selain informasi dalam bentuk pamflet, banner, dan majalah, kami juga mempunyai database dalam suatu website yang dapat diakses kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun,” ucap pria yang selalu memakai blangkon itu.

Website yang dimiliki oleh desa Pejambon cukup lengkap bahkan ada beberapa informasi yang mungkin bagi desa lain enggan untuk menampilkannya. “Di website ini telah disajikan lengkap, bahkan RAB pun ada. Bahkan database para Janda pun ada,” ungkapnya penuh semangat diiringi gelak senyum tawa yang hadir dalam paparan tersebut. Perlu diketahui website desa Pejambon dapat diakses di alamat : http://pejambon-bjn.desa.id/ melalui perangkat apapun.

Adapun saat diterima bupati dan wakilnya di Pendopo kabupaten Bojonegoro, tim Penilai Lomba Desa Kementerian Desa, Zaini, saat jamuan sarapan pagi mengatakan Tim yang terdiri dari Kementerian Desa dan KIP akan melakukan penilaian lapangan di Desa Pejambon kecamatan Sumberjo, terkait Transparansi Informasi Publik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa pejambon.

Menurutnya lomba desa ini sebagai amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, yang memiliki 4 kategori, yang pertama Kategori Layanan informasi & Transparansi Informasi Publik, kedua kategori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, ketiga kategori kegiatan Padat Karya yang dilaksanakan Pemerintah Desa dan keempat kategori Inovasi Desa. Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan mengukur keberhasilan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here